MENU TUTUP
Kamis, 19 September 2024 | 13:19:28 WIB - Dibaca: 404 kali

Resmikan Kampung Zakat, Bupati Kasmarni Harapkan Warga Desa Boncah Mahang Beri Dukungan Penuh

BATHIN SOLAPAN - Ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan tirai papan plang, Bupati Bengkalis Kasmarni, meresmikan Kampung Zakat Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, di Halaman Masjid Agung Al-Mukminin, Kamis, 19 September 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Kasmarni mengatakan bahwa keberadaan Kampung Zakat akan membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi permasalahan rakyat, khususnya para mustahik, baik yang berhubungan dengan bidang dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial kemanusiaan. 

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya sangat menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Zakat yang pertama di Negeri Junjungan ini. Kita berharap agar terus maju dan berkembang serta mampu bersama-sama dalam membangun negeri," ujar Bupati Bengkalis Kasmarni.

Terkhusus buat masyarakat Desa Boncah Mahang, Bupati Bengkalis Kasmarni merasa bangga dan berbahagia, karena desa ini telah ditunjuk dan dicanangkan sebagai Kampung Zakat tahun 2024. 

"Rasanya memang sudah sepantasnya desa ini dijadikan sebagai Kampung Zakat. Karena Desa Boncah Mahang merupakan desa yang memiliki letak yang sangat strategis, serta memiliki masyarakat dengan sifatnya yang heterogen, namun menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi," ujar Bupati Kasmarni.

Alhamdulillah, lanjut Bupati bergelar Seri Perdana Payung Negeri, sampai saat ini masyarakat Desa Boncah Mahang dapat hidup berdampingan, dengan saling menghormati dan saling menghargai.

"Tidak pernah terjadi gesekan yang mengatasnamakan agama, suku maupun ras, justru masyarakat dapat bersatu dalam satu wadah NKRI. untuk itu, pertahankan segala potensi dan keistimewaan yang ada di desa ini, agar kedepannya banyak program-program pemberdayaan ekonomi dan program pengentasan kemiskinan yang masuk ke desa ini," ucapnya.

Melalui kesempatan ini, Kasmarni juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Boncah Mahang dapat memberikan dukungan penuh akan program-program yang masuk di Kampung Zakat ini nantinya. 

"Kami juga berharap kepada orang tua kami, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pemuda, cerdik cendikia, maupun pemangku kepentingan terkait lainnya untuk ikut terlibat dan melibatkan diri secara aktif dalam program kampung zakat ini kedepannya," pungkasnya.

Bupati Kasmarni juga berharap kepada Baznas RI, Baznas Provinsi Riau serta Baznas Kabupaten Bengkalis, kiranya  dapat membangun sinergi dan kolaborasi secara berkelanjutan, untuk membangun dan memberdayakan masyarakat kampung zakat ini kedepannya, agar lebih bermarwah, maju, dan sejahtera serta unggul.

Sementara itu, Pelaksanaan Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Muliardi, menyebutkan bahwa Kampung Zakat merupakan salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Baznas dan lembaga pengelola zakat lainnya.

"Kampung Zakat digulirkan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan mengangkat ekonomi umat di daerah Melalui program ini, Kementerian Agama mendorong kampung zakat ini bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. Program ini sekaligus menjadi upaya kita dalam meningkatkan perekonomian umat melalui optimalisasi dana zakat," sebut Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Riau.

Dalam kesempatan itu, turut dilakukan penandatanganan berita acara bantuan terhadap Kampung Zakat Desa Boncah Mahang dari Forum Zakat Riau yang terdiri atas Laz Ibadurrahman Rp 150.000.000, Izi Rp 100.000.000,  Swadaya ummah Rp 50.000.000, DT Peduli Rp 100.000.000, Laz Energi Kebaikan Rokan Rp 50.000.000, Lazismu Rp 20.000.000, Laz Sahabat Yatim Rp 100.000.000, Rumah Zakat Rp 20.000.000, Mhc Dumai Rp 5.000.000, Rumah Yatim Indonesia Rp 100.000.000, dan total dari Foz Riau sebesar Rp 695.000.000.

Kemudian dari Baznas Bengkalis Rp 400.000.000, Baznas Provinsi Riau Rp 200.000.000 dan Kementerian Agama Rp 20.000.000. Sehingga total sesuruhan kick off kolaborasi untuk Kampung Zakat sebanyak Rp 1.315.000.000.

Hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Bengkalis M. Arsya Fadillah, Anggota DPRD Bengkalis Hj Anita, Syaiful Ardi, H Misno, Ketua Forum Zakat Riau, M Hasby Alhudri, Wakil Ketua II Baznas Riau, Jamaluddin.

Kemudian, Kakan Kemenag Bengkalis, H Khaidir, Ketua Baznas Bengkalis, Ismail, Staf Ahli Bupati bidang Politik, Hukum dan Pemerintah, Ed Effendi, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Bustami HY, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Talang Muandau Risky Afriandi, Camat Pinggir Zama Riko Dakanahay, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bengkalis Mustafa Kamal, Yuhelmi, dan Suparjo, Pj Kades Boncah Mahang, Ali Ridwan, serta para undangan dan ribuan masyarakat Desa Boncah Mahang.

Prarezeki Indra Muda, ST
     

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Diskominfotik Bengkalis
di Google+



Diskominfotik Bengkalis
di Instagram
TULIS KOMENTAR +
Baca Juga +